Pada bahasa umum aki sering digolongkan menjadi dua yaitu aki basah dan aki kering . Kualitas aki basah dan kering banyak yang menilai kualitas aki kering lebih bagus karena kemudahan perawatannya pada aki jenis kering yang bahasa lain disebut Maintenance Free (MF). Aki kering dirasa unggul karena memiliki beberapa kelibihan diantaranya lebih praktis,ketika melakukan perawatan,memperbaikinya dan aliran listrik yang dihasilkan lebih stabil juga lebih kuat. Untuk masalah harga memang aki kering sedikit berbeda lebih mahal dari aki jenis basah.
Baca juga : Cara cas aki mobil sendiri
Aki Kering ini memang disebut Maintenance Free tapi bukan berati aki ini tidak bisa rusak,maka dari itu sering-seringlah anda melakukan perawatan berkala untuk mengecek kondisi aki anda prima atau tidak,jangan sampai acara pergi keluar kota atau daerah yang jauh menjadi terganggu karena masalah aki. Seringnya pengecekan aki lebih baik dilakukan antara 3 bulanan sekali.
Dibawah akan kita bahas bersama untuk saling berbagi ilmu pengetahuan tentang cara-cara memperbaiki aki kering ngedrop, hal-hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah penyediaan alat yang dibutuhkan.
Alat Yang Dipersiapkan Memperbaiki Aki Kering
- Kunci ring/pas 12 atau 10- Obeng plus
- Obeng minus
- Gergaji besi atau pisau dapur
- Siapkan air aki ( bisa dibeli bengkel mobil atau motor terdekat )
- Sealtape atau selotip yang berukuran lebar ,
- Air aki kering (zuur)
Baca juga : Cara cat mobil yang mudah
Cara membersihkan kaca mobil yang baret
Cara merawat aki basah mobil
Tahap Memulai Memperbaiki aki Kering Yang Ngedrop
a. Lepaslah aki kering mobil anda menggunakan kunci ring pas yang pada biasanya berukuran 10/12b. Bukalah bagian penutup aki dengan pisau yang kita persiapkan sebelumnya,proses membuka penutup aki ini harus dilakukan dengan cara yang hati-hati alangkah baiknya menggunakan pelindung tangan supaya pisau atau gergaji yang kita gunakan tidak melukai tangan
c. Apabila kita melihat ada tulisan Do Not Open maka kita gergaji di bagian itu dan lakukan proses yang sama pada bagian belakang juga samping penutup aki
d. Proses memperbaiki aki kering selanjutnya kita lepas bagian penutup wadah aki,ketika sudah terbuka kita melihat 6 lubang yang dipergunakan untuk mengisi air accu yang kita beli dari bengkel lalu kita tuangkan sebanyak 15 mililiter.
e. Pada proses pengisian air aki ini anda harus hati-hati karena cairan air aki sangat tidak cocok dengan kulit kita,biasanya kulit yang terkena cairan air aki akan timbul iritasi,dan apabila sudah terlanjur kena segeralah cuci tangan anda atau kulit anda menggunakan sabun supaya efek iritasi yang timbul dapat diminimalisir
f. Ketika sudah kita pastikan semua lubang aki sudah kita isi dengan air aki maka kita tutup menggunakan penutup aki,tutup kuat lubang tersebut yang sebelumnya kita kasi sealtape supaya tutup nya kuat
g. Jika semua proses sudah kita kerjakan maka kita lakukan charger accu atau cas aki sebagai pengisian tegangan. Proses cas aki bisa dilakukan dengan dua metode yaitu dijumper pada mobil yang sudah menyala agar memperoleh tegangan inject awal sbagai starter,yang kedua cas aki menggunakan trafo cas atau charger transformator
h. Apabila setelah aki kita bongkar masih belum menunjukkan kinerja lebih baik atau ngedrop maka kita bisa bongkar ulang dan kita amati sekali lagi kemungkinan sel-sel aki mengalami kerusakan.
Silahkan mencoba semoga memperbaiki aki kering anda yang ngedrop dapat berhasil dan yang pasti lebih menghemat biaya daripada membeli aki kering yang baru.